Pages

Minggu, 26 Desember 2010

Pada bulan Juni 1854,seorang pengusaha Swiss bernama Henry Dunant tiba di sebuah tempat di bagian utara italia dalam perjalanan untuk menemui kaisar perancis Napoleon III . Napoleon III sedang berperang di kawasan itu . henry Dunant , yang berasal dari Jenewa , ingin melakukan pembicaraan bisnis dengan sang kaisar .



Jalan yang dilaluinya panjang dan sulit . banyak sungai harus diseberangi , padahal di beberapa sungai tidak terdapat jembatan.Kemudian ketika Henry Dunant mendekati desa Solferina . Padang rumput disitu telat berubah menjadi medan pertempuran . Henry Dunant memandang penuh ngeri ketika pasukan prancis dan Austria saling membantai dalam sebuah pertempuran dahsyat . Korps medis angkatan perang yang ada sangat kewalahan dan kebingungan sehingga tidak mampu menanggulangi situasi tersebut .

Perasaan ngeri yang menguasai Henry Dunant membuatnya lupa akan tujuan yang sebenarnya dia datang ke tempat itu . Dia memutuskan untuk memakai gereja di desa Castiglione itu sebagai rumah sakit darurat . Dia mulai mengatur pertolongan . Tanpa mengenal lelah dia membatikkan diri melakukan tugas pertolongan ini . Dia bahkan mencatat pesan-pesan para korban bagi keluarga mereka . Kaum perempuan bekerja keras sebagai perawat . mereka tidak mau disuruh beristirahat atau disuruh pergi dari tempat itu .
Sekembalinya di Jenewa . Dunant tak dapat melupakan pengalamannya . dia kemudian menuliskan pengalamannya itu dalam sebuah buku ,Un Souvenir de Solferino.Tulisanya ini diakhiridengan du himbuan :
1)agar disetiap negara dibentuk sebuah kelompok relawan yang tugasnya ialah mengurus korban di masa perang
2)Agar Negara-negara membuat kesepakatan untuk melindungi para relawan pertolongan pertama ini .
Buku Henry Dunant diterbitkan pada tahun 1862.Maka lahirlah sebuah gagasan .

Pada tahun 1863,gagasan tersebut terwujud. Henry Dunant , bersama dengan empat warga Jenewa lain , mendirikan komite Internasional pertolongan korban luka(the Intersional Committe of Aid for the Wounded),yang kemudian hari menjadi ICRC (komite Intersional Palang Merah). Pada tahun itu pula mulai lahir perhimpunan-perhimpunan Nasional . Pada tahun 1864 , Konvensi Jenewa yang pertama . Yaitu Mengenai perbaikan kondisi prajurit yang terluka dalam perang di darat , diapdopsi oleh sebuah konferensi diplomatik.
 
Dewasa ini terdapat 4 Konvensi Jenewa yang masing-masing melindungi:
1)Prajurit yang terluka dan yang sakit dalam perang di darat
2)Prajurit yang terluka,yang sakit,dan yang kapalnya karam dalam perang di laut
3)Tawanan Perang
4)Orang sipil dalam masa konflik bersenjata  

1 komentar:

hahaha mengatakan...

Jika Anda Ingin Mendapatkan Bonus Freechip Awal Hanya di S1288Poker,com
Claim Bonus Anda Di Sini , Bonus Langsung di Berikan Kepada Anda
Dan Dapatkan User ID Anda Untuk Bermain Game Kami


HUBUNGI KAMI:
livechat: www,s1288poker,com
pin bb: 7AC8D76B ( New )

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 PMR WIRA SMANSABARA. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes and Direct Line Insurance.